Langsung ke konten utama

Gerakan 1.000 StartUp Lirik Surabaya, Sasar Generasi Y


SABTU, 06 AGUSTUS 2016 | 19:56 WIB
Gerakan 1.000 StartUp Lirik Surabaya, Sasar Generasi Y
Startupbisnis.com
TEMPO.COSurabaya - Gerakan nasional untuk mencetak seribu startup digital mulai bergerak ke kota berikutnya. Program hasil kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan KIBAR dan berbagai komunitas itu secara resmi diluncurkan di Jakarta, Sabtu, 30 Juli 2016. Setelah Jakarta, anak-anak muda Surabaya menjalani tahapan pertama yakni Ignition, hari ini.


Asisten Deputi Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kawasan, Mira Tayyiba, mengatakan potensi anak-anak muda generasi Y di bidang startup digital perlu dimaksimalkan. “Kelebihan generasi ini adalah rasa empati yang tinggi melalui teknologi,” ujarnya saat ditemui Tempo di sela acara, Sabtu, 6 Agustus 2016.

Empati itu juga tercermin pada maraknya pendekatan pendanaan dari masyarakat (crowdfunding) akhir-akhir ini. Melalui media sosial dan platform digital lainnya, generasi Y mudah tergerak untuk kebaikan. Ia pun optimistis, target 1.000 startup digital sampai tahun 2020 ini bernilai lebih dari Rp 10 miliar.

Mira menegaskan, gerakan 1.000 StartUp Digital ini sejalan dengan dinamika perekonomian yang dihadapi Indonesia sekarang. Sebab, model bisnis di zaman sekarang sudah berubah. “Kita perlu strategi baru untuk menghadapi dan mengelola perubahan itu, mengingat harga-harga komoditas negara kita juga menurun,” tuturnya.

Dulu, kata Mira, siapa yang punya modal dan memiliki informasi, dialah yang kuat. Sekarang, yang kuat adalah siapa yang punya ide. “Dahsyatnya, ide ini bukan milik usia atau gender tertentu. Ide bisa datang dari masalah di sekitar kita.”

Di sisi lain, kota Surabaya dinilai memiliki kelebihan tersendiri dalam gerakan ini. Sejak tahun 2015, program serupa bernama Start Surabaya telah digelar. “Surabaya diuntungkan karena menurut saya ekosistem startup digital dan pola kerja sudah lebih dulu ada,” kata CEO Beon Intremedia, Danton Prabawanto. Danton dan beberapa komunitas anak muda lainnya, merupakan fasilitator Gerakan Nasional 1.000 StartUp Digital di Surabaya.

Danton menekankan, tantangan terbesar bagi startup digital bukan pada aspek teknis seperti pemrograman alias coding. “Tantangannya justru pada proses mentoring dan bagaimana bisa bertemu dengan industri yang relevan,” ujar dia. Selain itu, menemukan partner yang tepat dari berbagai latar belakang untuk mengelaborasi dan mewujudkan ide tersebut

Danton optimistis gerakan ini bisa menjadi pondasi ekosistem ekonomi digital yang unik dibandingkan Silicon Valley di Amerika Serikat. “Kita nanti lebih dari Silicon Valley, soalnya Indonesia punya kultur dan masalah yang berbeda.”



Setelah Jakarta dan Surabaya, delapan kota lain yang menjadi titik awal program 1.000 StartUp Digital ini ialah Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Medan, Pontianak, Denpasar, serta Makassar.
ARTIKA RACHMI FARMITA
sumber

Komentar

Populer

Bedah Kantor #2: Serunya Berkunjung ke Kantor Lazada Indonesia!

0 COMMENTS   Lidya Novianti 8:56 PM on Aug 3, 2016 674         Selamat datang di seri artikel  Bedah Kantor ! Dalam seri ini kami akan mengajak kamu “berjalan-jalan” melihat suasana kantor yang asyik dan menarik!

[Update] Kumpulan Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

9 COMMENTS   John Patrick Manuwu 8:00 AM on Jun 14, 2017 193         (Update 14 Juni 2017:  Kami menambahkan Tinder dan Vettery ke dalam daftar) Ketika kamu memiliki sebuah ide besar dan ingin mewujudkannya, apa yang pertama kali harus kamu lakukan? Pertama, kamu dapat membuat prototipe dan melakukan validasi awal kepada pengguna. Ketika prototipe tersebut mendapatkan traksi yang positif, maka kamu akan membutuhkan modal lebih dari investor. Di sini sebuah  pitch deck  dan presentasi yang bagus di depan investor dapat membuat banyak perbedaan.

Gandeng Penjual GPS, Trax Center Hadirkan Teknologi Tracking Kendaraan

5 COMMENTS       Aditya Hadi Pratama 6:06 PM on Dec 7, 2016 15                         Bekerja di bisnis otomotif selama lima tahun, mulai dari mengurus bengkel, rental mobil, hingga menjadi distributor  spare part , membuat Hendy Wijaya tahu banyak hal tentang seluk-beluk dunia tersebut. Menurutnya, ada satu bisnis di dunia otomotif yang kurang tergarap saat ini, yaitu layanan pelacakan kendaraan ( tracking ).

Penawaran Virtual Office (sewa kantor murah )

Puri botanical blok i  10 no.60,jl.Raya joglo.Jakarta barat. Marketing :Susanto sastronegoro (hp.087872252754;WA 085885163185) Menawarkan paket prodruk sbb: 1.Standar virtual office. Fasilitas :                              a.Alamat kantor (Business address) di Zona campuran sesuai zonasi RDTR DKI Jakarta. b.Pencantuman Telphone kantor dan fax kantor pada kepala surat perusahaan. c.Servis Manageman korespondensi  perusahaan yang dikelola oleh Resepsionis (client,surat2,forwarding  info,dll) d.fasilitas wifi,fc ringan,scan. e.Perjanjian kontrak Virtual Office. Harga kontrak Rp.500.000/bulan.

Bedah Kantor Touchten Games: Tempat Bekerja, Belajar, dan Bermain

1 COMMENT   Kemala Pratiwi 9:45 AM on Mar 4, 2017 0         Menjadi salah satu developer  game  terbesar di Indonesia bukanlah tujuan awal Anton, Roki, dan Dede ketika membuat  game  pertama mereka,  Sushi Chain , di tahun 2009. Seperti developer muda lainnya, tiga saudara ini membuat  Sushi Chain  karena  passion  dan kesukaan mereka terhadap  video game .

Solusi efektiv membuat surat keterangan domisili perusahaan (SKDP ) di DKI Jakarta yang murah.

Berdasarkan peraturan daerah DKI Jakarta peruntukan kantor tempat usaha harus menurut RDTR (Rancangan detail tata ruang ) ini adalah berupa peta zonasi DKI Jakarta,misalnya daerah perkantoran di dalam peta zonasi berwarna ungu,daerah campuran berwarna orange,daerah perumahan berwarna kuning,jalur hijau berwarna hijau dst,peta2 ini bisa di lihat di kantor2 kelurahan ataupun kecamatan.

17 Robot yang Punya Bentuk dan Kemampuan Menyerupai Manusia

3 COMMENTS   Aditya Hadi Pratama 12:00 PM on May 5, 2016 143         Perkembangan teknologi saat ini, membuat beberapa produsen robot bisa membuat karya yang begitu mirip dengan manusia. Bahkan tak hanya berbentuk seperti manusia, mereka juga bisa bergerak, berbicara, dan menari. Robot-robot seperti itu biasa disebut dengan istilah  humanoid .

Apa itu Virtual Account?

Saya yakin kalau anda pernah membayar tagihan pada beberapa situs eCommerce di Indonesia seperti Lazada, MatahariMall, Blibli, dan sebagainya maka untuk metode pembayaran transfer akan muncul istilah Virtual Account. Sampai saat ini saya tahu ini disediakan BCA dan Bank Mandiri, mungkin ada bank – bank lainnya juga. Nah… kenapa kok sekarang tidak menggunakan transfer ke rekening bank seperti biasa? Apa sih Virtual Account itu?

Y Combinator Membuka Pendaftaran Kelas Online Startup School untuk Umum

4 COMMENTS   Prahariezka Arfienda Satrianti 9:34 AM on Mar 8, 2017 21         Akselerator  startup   Y Combinator,  baru saja mengumumkan bahwa saat ini mereka membuka kelas  online  untuk program Startup School. Nantinya, para peserta akan mendapatkan materi perkuliahan yang disampaikan oleh para tokoh penting di industri teknologi, termasuk para lulusan Y Combinator juga.

RENUNGKAN INI SEBELUM TERJUN KE DUNIA STARTUP

Manusia tidak pernah diam. Bahkan saat tidur pun, sesungguhnya kita bergerak. Fakta ini mungkin terabaikan, karena relatif terhadap lingkungannya manusia bisa tampak diam. Namun ingatlah, bumi itu senantiasa berputar. Lalu, bumi juga mengelilingi matahari.