Langsung ke konten utama

Pengertian Augmented Reality


Menurut penjelasan Haller, Billinghurst, dan Thomas (2007), riset Augmented Reality bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. (Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design).
Pengertian Augmented Reality(AR)
Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, 
komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. User ataupun pengguna didalam dunia nyata tidak dapat melihat objek maya dengan mata telanjang, untuk mengidentifikasi objek dibutuhkan
perantara berupa komputer dan kamera yang nantinya akan menyisipkan objek maya ke dalam dunia nyata.

Metode Augmented Reality 

Metode yang dikembangkan pada Augmented Reality saat ini terbagi menjadi dua metode, yaitu Marker Based Tracking dan Markless Augmented Reality.
1. Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)

Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan tiga sumbu yaitu X, Y, dan Z. Marker Based Tracking ini sudah lama dikembangkan sejak 1980-an dan pada awal 1990-an mulai dikembangkan untuk penggunaan Augmented Reality.

2. Markerless Augmented Reality

Salah satu metode Augmented Reality yang saat ini sedang berkembang adalah metode “Markerless Augmented Reality”, dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital, dengan tool yang disediakan Qualcomm untuk pengembangan Augmented Reality berbasis mobile device, mempermudah pengembang untuk membuat aplikasi yang markerless (Qualcomm, 2012).
Seperti yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan Augmented Reality terbesar di dunia Total Immersion dan Qualcomm, mereka telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking sebagai teknologi andalan mereka, seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking.

a. Face Tracking

Algoritma pada computer terus dikembangkan, hal ini membuat komputer dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan objek-objek lain di sekitarnya seperti pohon, rumah, dan lain – lain. Teknik ini pernah digunakan di Indonesia pada Pekan Raya Jakarta 2010 dan Toy Story 3 Event (Widiansyah, Firman, 2014).

b. 3D Object Tracking

Berbeda dengan Face Tracking yang hanya mengenali wajah manusia secara umum, teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk benda yang ada disekitar, seperti mobil, meja, televisi, dan lain-lain.
c. Motion Tracking
Komputer dapat menangkap gerakan, Motion Tracking telah mulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi film-film yang mencoba mensimulasikan gerakan.
d. GPS Based Tracking
Teknik GPS Based Tracking saat ini mulai populer dan banyak dikembangkan pada aplikasi smartphone (iPhone dan Android), dengan memanfaatkan fitur GPS dan kompas yang ada didalam smartphone, aplikasi akan mengambil data dari GPS dan kompas kemudian menampilkannya dalam bentuk arah yang kita inginkan secara realtime, bahkan ada beberapa aplikasi menampikannya dalam bentuk 3D.


sumber

Komentar

Populer

Bedah Kantor #2: Serunya Berkunjung ke Kantor Lazada Indonesia!

0 COMMENTS   Lidya Novianti 8:56 PM on Aug 3, 2016 674         Selamat datang di seri artikel  Bedah Kantor ! Dalam seri ini kami akan mengajak kamu “berjalan-jalan” melihat suasana kantor yang asyik dan menarik!

Gandeng Penjual GPS, Trax Center Hadirkan Teknologi Tracking Kendaraan

5 COMMENTS       Aditya Hadi Pratama 6:06 PM on Dec 7, 2016 15                         Bekerja di bisnis otomotif selama lima tahun, mulai dari mengurus bengkel, rental mobil, hingga menjadi distributor  spare part , membuat Hendy Wijaya tahu banyak hal tentang seluk-beluk dunia tersebut. Menurutnya, ada satu bisnis di dunia otomotif yang kurang tergarap saat ini, yaitu layanan pelacakan kendaraan ( tracking ).

[Update] Kumpulan Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

9 COMMENTS   John Patrick Manuwu 8:00 AM on Jun 14, 2017 193         (Update 14 Juni 2017:  Kami menambahkan Tinder dan Vettery ke dalam daftar) Ketika kamu memiliki sebuah ide besar dan ingin mewujudkannya, apa yang pertama kali harus kamu lakukan? Pertama, kamu dapat membuat prototipe dan melakukan validasi awal kepada pengguna. Ketika prototipe tersebut mendapatkan traksi yang positif, maka kamu akan membutuhkan modal lebih dari investor. Di sini sebuah  pitch deck  dan presentasi yang bagus di depan investor dapat membuat banyak perbedaan.

17 Robot yang Punya Bentuk dan Kemampuan Menyerupai Manusia

3 COMMENTS   Aditya Hadi Pratama 12:00 PM on May 5, 2016 143         Perkembangan teknologi saat ini, membuat beberapa produsen robot bisa membuat karya yang begitu mirip dengan manusia. Bahkan tak hanya berbentuk seperti manusia, mereka juga bisa bergerak, berbicara, dan menari. Robot-robot seperti itu biasa disebut dengan istilah  humanoid .

Solusi efektiv membuat surat keterangan domisili perusahaan (SKDP ) di DKI Jakarta yang murah.

Berdasarkan peraturan daerah DKI Jakarta peruntukan kantor tempat usaha harus menurut RDTR (Rancangan detail tata ruang ) ini adalah berupa peta zonasi DKI Jakarta,misalnya daerah perkantoran di dalam peta zonasi berwarna ungu,daerah campuran berwarna orange,daerah perumahan berwarna kuning,jalur hijau berwarna hijau dst,peta2 ini bisa di lihat di kantor2 kelurahan ataupun kecamatan.

Bedah Kantor Touchten Games: Tempat Bekerja, Belajar, dan Bermain

1 COMMENT   Kemala Pratiwi 9:45 AM on Mar 4, 2017 0         Menjadi salah satu developer  game  terbesar di Indonesia bukanlah tujuan awal Anton, Roki, dan Dede ketika membuat  game  pertama mereka,  Sushi Chain , di tahun 2009. Seperti developer muda lainnya, tiga saudara ini membuat  Sushi Chain  karena  passion  dan kesukaan mereka terhadap  video game .

Ide Startup Menarik Minggu Ini — 12 Juni 2017

0 COMMENTS   John Patrick Manuwu 3:45 AM on Jun 12, 2017 20         Halo, pembaca setia  Tech in Asia Indonesia ! Rubrik ide bisnis menarik mingguan kembali hadir ke tengah-tengah kamu dengan berbagai hal menarik yang saya kumpulkan dari seluruh dunia. Kumpulan ide-ide ini diharapkan dapat menginspirasi kamu yang ingin merintis sebuah usaha sendiri dengan memanfaatkan bantuan teknologi.

Dari Mana GrabTaxi Memperoleh Pemasukan?

2 COMMENTS     Terence Lee 2:22 PM on Dec 4, 2015 84                 GrabTaxi  sukses menjadi salah satu nama yang paling banyak dibicarakan oleh  tech savvy  di Asia Tenggara. Paling tidak, GrabTaxi mungkin merupakan aplikasi terbaik untuk memesan taksi di sejumlah negara.

Penawaran Virtual Office (sewa kantor murah )

Puri botanical blok i  10 no.60,jl.Raya joglo.Jakarta barat. Marketing :Susanto sastronegoro (hp.087872252754;WA 085885163185) Menawarkan paket prodruk sbb: 1.Standar virtual office. Fasilitas :                              a.Alamat kantor (Business address) di Zona campuran sesuai zonasi RDTR DKI Jakarta. b.Pencantuman Telphone kantor dan fax kantor pada kepala surat perusahaan. c.Servis Manageman korespondensi  perusahaan yang dikelola oleh Resepsionis (client,surat2,forwarding  info,dll) d.fasilitas wifi,fc ringan,scan. e.Perjanjian kontrak Virtual Office. Harga kontrak Rp.500.000/bulan.

Softbank perkenalkan Pepper, robot pertama di dunia yang mampu kenali emosi manusia

0 COMMENTS   J.T. Quigley 2:18 PM on Jun 5, 2014 0         Pada konferensi pers siang ini, Masayoshi Son, CEO operator asal Jepang SoftBank, memperkenalkan robot pertama di dunia yang mampu mengenali emosi manusia. Dinamakan “Pepper,” robot berbentuk manusia berwarna putih setinggi 120 cm ini akan dijual untuk publik mulai tahun depan.